Widget HTML #1

4 Faktor Penyebab Anak-anak Dimasukkan ke Pesantren

pondok pesantren

Andreysetiawan.com- Pesantren merupakan salah satu wadah pendidikan bagi seorang anak yang berbasis agama. Tentunya dengan adanya kehadiran pesantren di tengah-tengah masyarakat merupakan hal yang positif. Para ulama yang hebat dulunya juga merupakan lulusan pesantren seperti syaikh hasim asyari dan syaikh ahmad Dahlan. 

Maka dari itu dengan adanya pesantren, sebagian besar orang tua memilih pendidikan akannya ke pesantren. Lalu apa saja faktor yang meyebabkan orang tua memasukkan anak-anaknya ke pesantren?. Setidaknya ada 4 faktor yang menyebabkan anak-anak dimasukkan ke pesantren. Apa saja itu?:

Pertama, Faktor lingkungan di rumah yang buruk untuk perkembangan anaknya di masa depan. Faktor pertama ini memang banyak yang digunakan para orang tua sebagai alasan anaknnya untuk dimasukkan ke pesantren. Lingkungan yang buruk tentunya menjadikan para orang tua khawatir dengan perkembangan anak-anak mereka. Orang tua mana yang mau anaknya menjadi anak yang nakal, mabuk-mabukan, judi, tawuran, dan perkara nagatif lainnya. Maka dari itu pesantren menjadi solusi buat para orang tua agar anaknya terhindar dari lingkungan yang buruk.

Kedua, faktor kesibukan orang tua. Faktor kedua ini banyak terjadi kepada orang tua yang sibuk dengan pekerjaanya sehingga waktu untuk mengawasi dan mendidik anak-anaknya sangatlah kurang. Dengan kurangnnya pengawasan dari orang tua, ditakutkan anak-anak mereka akan terjerumus ke hal-hal negatif. Dan tentunya pesantren menjadi tempat yang tepat untuk para orang tua yang sibuk dengan pekerjaanya dan kurang dalam mengawasi serta mendidik anak-anaknya.

Ketiga, faktor kenakalan anak. Faktor yang ketiga ini merupakan hal yang banyak terjadi juga pada orang tua yang anaknya sudah terlanjur nakal di rumah. Sehingga pesantren yang basisnya pendidikan agama menjadi solusi agar anak yang tadinya nakal harapannya menjadi anak yang baik.

Keempat, faktor ekonomi. Banyak sekali pesantren yang biaya pendidikannya lebih murah. Bahkan ada pesantren yang biayanya gratis tanpa dipungut biaya sepersenpun. Tapi tentunya dengan syarat-syarat, seperti anak yang masuk ke pesantren tersebut berasal dari keluarga yang tidak mampu atau anak tersebut berprestasi. Nah, jika ada orang tua yang kesulitan secara ekonomi untuk melanjutkan pendidikan anaknya maka pesantren bisa menjadi solusi buat orang tua yang kesulitan ekonomi.

Itulah tadi 4 faktor yang menyebabkan anak-anak masuk ke pesantren. Apakah anda yang sudah punya anak termasuk dalam salah satu faktor tersebut?. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi anda. Saya ucapkan terima kasih dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.