Widget HTML #1

6 Rukun Iman dan 5 Rukun Islam, Lengkap dengan Dalilnya

Andreysetiawan.com- Apakah anda tahu apa itu rukun iman dan islam? Apakah anda tahu ada berapakah rukunnya? Dan apakah anda tahu dalil rukun iman dan islam?. Sebagai umat beragama islam, sudah seharusnya bagi kita untuk mengetahui hal-hal tersebut karena rukun iman dan islam merupakan landasan atau bisa dibilang ilmu dasar dalam kita beragama. Jika anda sendiri belum mengetahui rukun iman dan islam, anda tepat sekali membaca artikel ini.

Pada artikel ini akan saya paparkan 6 rukun iman dan 5 rukun islam beserta dengan dalilnya. Inyakallah anda akan mudah mengingatnya. Yuk, tunggu apa lagi berikut adalah penjelasannya.

 6 Rukun Iman dan 5 Rukun Islam, Lengkap dengan Dalilnya 

RUKUN IMAN

Sebelumnya anda harus tahu dulu apa itu iman dan apa itu islam. Secara mudahnya iman adalah kepercayaan. Ketika seseorang berkata saya beriman berarti ia memiliki kepercayaan atas suatu hal. sedangkan islam sendiri apa? Kata islam sendiri berasal dari bahasa arab aslama yuslimu islaman yang berarti keselamatan atau selamat. Jadi agama islam merupakan agama yang selamat.

Setelah anda mengetahui apa itu iman dan islam. Selanjutnya anda harus mengetahui ada berapakah rukun iman dan islam itu? Apa dalinya? Nah ini yang menjadi inti pembahasan kita kali ini.

Pertama kita bahas rukun iman dulu. Rukun Iman ada 6, apa saja sih?:

1. Iman kepada Allah SWT

2. Iman kepada para malaikat

3. Iman kepada kitab-kitab Allah SWT

4. Iman kepada nabi dan rasul

5. Iman kepada hari kimat

6.Iman kepada qada dan qodar 

Dalilnya dari alquran dan hadis. Yang dari al-quran:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا آمِنُوا بِاللَّهِ وَرَسُولِهِ وَالْكِتَابِ الَّذِي نَزَّلَ عَلَىٰ رَسُولِهِ وَالْكِتَابِ الَّذِي أَنْزَلَ مِنْ قَبْلُ ۚ وَمَنْ يَكْفُرْ بِاللَّهِ وَمَلَائِكَتِهِ وَكُتُبِهِ وَرُسُلِهِ وَالْيَوْمِ الْآخِرِ فَقَدْ ضَلَّ ضَلَالًا بَعِيدًا

Artinya: “Wahai orang-orang yang beriman, tetaplah beriman kepada Allah dan Rasul-Nya dan kepada kitab yang Allah turunkan kepada Rasul-Nya serta kitab yang Allah turunkan sebelumnya. Barangsiapa yang kafir kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, rasul-rasul-Nya, dan hari kemudian, maka sesungguhnya orang itu telah sesat sejauh-jauhnya,” (QS An-Nisa: 136).

dan dari hadist:

قَالَ : أَخْبِرْنِيْ عَنِ الْإِيْمَانِ قَالَ ” أَنْ تُؤْمِنَ بِاللهِ وَمَلَائِكَتِهِ وَكُتُبِهِ وَرُسُلِهِ وَالْيَوْمِ الْآخِرِ وَتُؤْمِنَ بِالْقَدَرِ خَيْرِهِ وَشَرِهِ ” قَالَ : صَدَّقْتَ

Artinya: “Orang itu berkata lagi: ‘Beritahukan kepadaku tentang Iman,’. Rasulullah SAW menjawab: ‘Engkau beriman kepada Allah, kepada para Malaikat-Nya, Kitab-kitab-Nya, kepada utusan-utusan Nya, kepada hari Kiamat dan kepada takdir yang baik maupun yang buruk,”. Orang tadi berkata: ‘Engkau benar’,” (HR Muslim).

Kedua, rukun islam ada 5, apa saja sih?:

1. Syahadat

2. Shalat

3. Zakat

4. Puasa

5. Haji

Dalilnya dari hadist:

عَنْ ابْنِ عُمَرَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بُنِيَ الْإِسْلَامُ عَلَى خَمْسٍ شَهَادَةِ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَأَنَّ مُحَمَّدًا رَسُولُ اللَّهِ وَإِقَامِ الصَّلَاةِ وَإِيتَاءِ الزَّكَاةِ وَالْحَجِّ وَصَوْمِ رَمَضَانَ 

Artinya: “Dari Ibnu Umar Radhiyallahu ‘anhuma, dia berkata: Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Islam dibangun di atas lima (tonggak): Syahadat Laa ilaaha illa Allah dan (syahadat) Muhammad Rasulullah, menegakkan shalat, membayar zakat, hajji, dan puasa Ramadhan”. [HR Bukhari, no. 8].

Nah, itulah tadi 6 rukun iman dan 5 rukun islam beserta dalil-dalinnya. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda dan saya ucapkan terima kasih dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.