Widget HTML #1

Kamu Harus Tahu! 6 Faedah Berpuasa yang Bisa Bikin Kamu Semangat Menjalaninya

Andreysetiawan.com- Puasa adalah suatu tindakan menahan rasa lapar dan dahaga yang dilakukan manusia dalam batas waktu tertentu. Diagama islam, puasa merupakan kegiatan yang bernilai ibadah. Banyak faedah yang bisa didapatkan dalam berpuasa. 

Nah, pada artikel kali ini saya akan jelaskan 6 faedah berpuasa yang bisa buat anda bersemangat dalam menjalaninya. Tunggu apa lagi, berikut adalah penjelasannya.

 Kamu Harus Tahu! 6 Faedah Berpuasa yang Bisa Bikin Kamu Semangat Menjalaninya

makanan buka puasa

1. Menyempurnakan ketaatan seorang hamba (Taufir al-Tha'ât)

Imam Izzuddin bin Abdissalam berkata bahwa: 

لاله الذكر جوع أهل النار والظمأهم فحته ذلك على الكثير الطاعات لينجو بها من النار

Artinya:"Karena puasa mengingatkan kelaparan dan hausnya ahli neraka. Hal itulah yang mendorong orang berpuasa memperbanyak ketaatan kepada Allah agar terselamatkan dari api neraka." (Imam Izzuddin bin Abdissalam al-Sulami, Maqashid al-Shaum, hlm 17).

2. Bersyukur telah mengetahui kenikmatan dalam berpuasa (Syukr 'Alim al-Khafiyyat)

Imam Izzuddin bin Abdissalam berkata bahwa:

إذا صام عرف نعمة الله عليه في الشيع والتي فشكرها

لذلك, فإن النغم لا يعرف مقدارها إلا بفقدها 

Artinya: "Ketika berpuasa, manusa menjadi tahu nikmat Allah kepadanya berupa kenyang dan terpenuhinya rasa haus. Karena itu mereka bersyukur. Sebab, kenikmatan tidak diketahui kadar/nilainya tanpa melalui hilangnya rasa nikmat itu (terlebih dahulu)." (Imam Izzuddin bin Abdissalam al-Sulami, Maqashid al-Shaum, hlm 17).

3. Mencegah keinginan untuk melakukan kemaksiatan (Al-Inzijár 'an Khawathir al-Ma'âshi wa al-Mukhâlafât)

Sebagian ulama berpendapat bahwa rasa lapar dan haus yang disebabkan oleh puasa menyebabkan otak manusia fokus untuk mencari makanan dan minuman. Sehingga puasa dapat mencegah keinginan manusia untuk melakukan kemaksiatan maupun kejahatan.

4. Memperbanyak sedekah (Taktsir al-Shadaqat)

لأن الصائم إذا جاع تذكر ما عنده من الجوع فحقه ذلك على إطعام الجائع

Artinya:"Karena sesungguhnya orang berpuasa ketika dia merasakan lapar, dia mengingat rasa lapar itu. Hal itulah yang memberikan dorongan kepadanya untuk memberi makan pada orang yang lapar." (Imam Izzuddin bin Abdissalam al-Sulami, Maqashid al-Shaum, hlm 16).

5. Meredakan syahwat (Kasr al-Syahawȧt)

يا معشر الشباب من استطاع الباءة فليتزوج، فإنه أغض النضر وأخضر

للفرج، ومن لم يستطع فعليه بالصوم فإنه له وجاء . 

Artinya: "Wahai para pemuda, barangsiapa yang mampu untuk menikah, maka menikahlah. Sesungguhnya menikah lebih bisa menundukan pandangan dan lebih mudah menjaga kemaluan. Barangsiapa yang belum mampu menikah, maka berpuasalah, sesungguhnya puasa itu adalah penekan syahwatnya." (HR Imam Ahmad dan Imam Bukhari)

6. Menghapus dosa-dosa (Takfir al-Khathi'at)

Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:

من صام رمضان إيمانا واحتسابا غفر له ما تقدم من ذنبه

Artinya: "Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan karena iman dan mengharapkan pahala maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu." (H.R. Imam Bukhari dan Imam Muslim)

Itulah tadi 6 faedah berpuasa yang bisa buat anda semangat dalam menjalaninya. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi anda. Saya ucapkan terima kasih dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.